Monday, February 11, 2013

Liburan, Belakangan ini

Selamat malam semua :)

It like takes forever ya rasanya nggak posting beberapa kabar baru. Liburan kali ini menyenangkan, dan rasanya nggak kerasa aja udah mau berakhir. Beberapa minggu yang lalu, kami datang ke bromo. Banyak orang bilang cuacanya lagi nggak bagus, dengan kadang-kadang hujan, dan angin bisa jadi kencang banget. Tapi yah, semua itu nggak menghalangi kami buat datang dan bersenang-senang.

Kami menginap dua hari semalam, biar singkat tapi asik banget. Bromo saat itu sedang mendung, nggak banyak juga wisatawan yang datang. Kami sampai siang, dan saat itu hujan deras, kadang-kadang gerimis tipis - tipis.

Kami stay di home stay, dengan listrik nggak stabil yang kadang nyala-kadang mati. Gila sekali, cuacanya sih bisa dibilang nggak seberapa dingin dibanding cuaca di kemarau, tapi ya Tuhan, kalau bagiku aja sih bisa bikin muka pucat dan tangan beku, segitu aja udah cukup. Nggak bisa bayangin kalau datang di kemarau, mungkin mati rasa semua badan. Tapi rasanya menyenangkan, homestay kami sedikit turun ke bawah dan menghadap pemandangan yang oke punya banget. Hebat!

Di Bromo nggak perlu khawatir kalau lupa nggak bawa pakaian hangat (meski rasanya susah buat nggak menyiapkan dulu dari rumah). Kita bisa mampir di toko yang tepat di dekat papan masuk taman nasional, disitu mereka menjual kupluk, syal, jaket, sarung tangan, kaos kaki, duh pokoknya semua yang dibutuhkan buat mengusir dingin ada deh. Lengkap dan harganya juga murah. Aku dapat sarung tangan sepasang cuma tiga ribu rupiah, di gresik aja aku dapat harga lima belas ribu. Cukup jauh bedanya, jadi nggak perlu kuatir pokoknya.

Begitu masuk taman nasional, kami melihat sunset nyaris-hilang dari jauh. Bromo kelihatan jelas banget dari situ. Saat itu sepi banget, hampir nggak ada orang. Sesekali ada penjaga villa-villa yang mondar - mandir bawa anjingnya dan beberapa penjual asongan menjajakan syal sama sarung tangan. Pemandangan yang epic! Sore itu rasanya langit cerah banget, matahari sunsetnya kelihatan jelas banget.

Kami bangun pagi-pagi buta jam tiga pagi, bersiap dan dijemput jeep jam empat pagi. Perjalanan sejam menuju ke pananjakan untuk melihat sunrise. Selagi menunggu, kami sempet sarapan kecil yang hangat-hangat. Tapi sayang, terlalu lama di warung, kami miss spot yang bagus buat foto. Jadinya pukul lima, dengan banyaknya turis di pananjakan, kami cuma bisa nyimpel nyimpel sambil berharap bisa dapat foto bagus. Tapi momennya memang pas banget deh.

Selesai mantengin sunrise, kami buru-buru ke kawah. Naik jeep, turun dari pananjakan, dan sampai di kaki kawah. Disitu banyak kuda lalu lalang bawa penumpang. Kuda dijajakan jasanya, begitu menuju kawah. Banyak yang nggak kuat mendaki, dan menyewa kuda kecil (plus pawangnya) yang dibandroll sekitar 20-30 ribu.

Masyarakat Tengger bakal ramai berkumpul di area ini begitu memasuki upacara kesodo tiap tahunnya. Upacara ini ramai banget dibicarakan oleh turis-turis. Jadi, pastinya ramai banget nggak cuma masyarakat Tengger aja, turis - turis domestik dan lokal pun pasti juga bakal banyak berkumpul untuk mengabadikan upacara yang mengingatkan kita sama cerita Jaka Tengger dan Rara Anteng.

Turun dari kawah, kami diajak keliling bukit teletubbies (some say that). Kenapa teletubbies? Acara itu booming banget sekitar pertengahan tahun 2000 an dengan karakter-karakternya yang lucu, dan jalan ceritanya yang ringan dan khas anak kecil banget. Karakter teletubbieses tinggal di daerah yang bernama bukit teletubbies yang merupakan kumpulan bukit-bukit kecil warna hijau cerah. Tempat ini disamakan dengan bukit teletubbies, karena dianggap mirip.

Puas dari bukit teletubbies, kami melewati pasir berbisik (yang sedang nggak berbisik). Hujan semalem sebelumnya bikin pasirnya berat dan nggak terbang - terbang, jadi nggak ada efek pasir yang kedengaran lagi berbisik.

Melewatkan hari - hari di Bromo bareng teman-teman asik banget. Setelahnya kami stay satu malam lagi di rumah ayi di Malang. Di postingan selanjutnya, kami vakansi di Batu dan asik sekali :)